Sabtu, 03 Maret 2012

cabang ilmu biologi dan hubungan ilmu biologi dengan ilmu lain


Cabang Biologi
Karena ruang lingkup yang luas maka ilmu biologi berkembangmembentuk cabang-cabang ilmu biologi berdasarkan kriteria-kriteria tertentu yaitu: tingkat organisasi kehidupan,
kelompok organisme, aspek kehidupan atau kaitannya denganilmu lain (sebagai ilmu campuran, terapan).Contoh cabang biologi antara lain:Taksonomi (mempelajari pengelompokan organismeberdasarkan persamaan dan perbedaan)Virologi (mempelajari virus)Mikrobiologi (mempelajari mikroorganisme)Mikologi (mempelajari jamur, ragi dan kapang)Botani (mempelajari tumbuhan): pteridologi (paku), bryologi(lumut).Zoologi (hewan): entomologi (serangga), iktiologi (ikan),herpetologi (reptil dan amfibi), ornitologi (unggas/burung),mamologi (mamalia)Contoh cabang biologi yang lain :
1.Sitologi
2.Histologi
3.Morfologi
4.Anatomi
5.Genetika
6.Fisiologi
7.Taksonomi
8.Ekologi
9.Evolusi
10.Mikrobiologi
11.Zoologi
12.Botani
13.Malakologi
14.Virologi
15.Bakteriologi
16.Mikologi
17.Entomologi
18.Ornitologi
19.Mamologi
20.Embriolog
Hubungan biologi dan ilmu lain
1. Geografi sangat dibutuhkan untuk menjelaskan penyebaran populasi dan spesies2 tertentu.
Secara geografi, tempat2 yg berbeda akan memiliki iklim yang berbeda, tentu akan menentukan spesies mana yang akan dapat bertahan di tempat tersebut. Sebagai contoh, di afrika tentu tidak akan dapat diketemukan spesies beruang kutub.
2. Perbedaan geografis yg juga merupakan perbedaan iklim, tentu akan mengubah kemampuan dan arah adaptasi mahluk hidup dalam lingkungannya, sehingga dapat membantu untuk menjelaskan teori evolusi.
3. dll
biologi dan kimia jelas memiliki keterkaitan yg erat. Buktinya ada ilmu yg bernama biokimia,salah satu contoh hubungan kimia dengan biologi adalah,Biologi mempelajari tentang fotosintesis,sedangkan fotosintesis dapat terjadi jika ada zat-zat kimia yg diperlukan. misalnya,klorofil,karbon dioksida,dan air.Hasil dari fotosintesis pun menghasilkan zat kimia yaitu karbohidrat sederhana(glukosa) dan oksigen.
materi referensi:

Fisika dan biologi merupakan dua dari sekian banyak ilmu pengetahuan alam yang ada. Penyatuan dua cabang ilmu ini menghasilkan cabang ilmu biofisika, dan fisika medis. Biofisika mempelajari tentang bagaimana mengaplikasikan hasil temuan bidang fisika terhadap dunia biologis (ilmu penyakit dan penanggulangannya). Sebagai contoh, penggunaan radiasi gamma dan emisi positron sebagai penghambat sel kanker dan pelacak bagian tubuh yang digerogoti kanker. Selain itu, ilmu instrumentasi digunakan bagi membentuk gambar bagian tubuh yang berpenyakit, baik secara 1-D, 2-D atau 3-D.
Fisika merupakan ilmu yang memahami tentang interaksi alam dan penyebab interaksi tersebut. Biologi mempelajari tentang benda hidup serta sifat-sifat dari benda hidup.
Penyatuan antara keduanya memberikan sebuah cabang ilmu baru yang memperkaya khazanah ilmu pengetahuan alam.

3 komentar:

  1. hmm,.. membantu,..
    makasi,.. jadi tau hubungan biologi dgn ilmu2 lainnya :)

    BalasHapus
  2. owwyah follow blog saya jugayah,.. di http://negeriuntukkaruni.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. sangat membantuu... terima kasih

    BalasHapus